Abstract
Studi tinjauan literatur ini dilatarbelakangi atas fenomena yang ditemukan di lapangan yaitu peningkatan penggunaan istilah pendidikan inklusi pada sekolah. Tinjauan ini dilakukan dengan tujuan untuk melihat keuntungan-keuntungan yang didapatkan dari penerapan konsep pendidikan inklusi pada sekolah. Metode kajian literatur ini dilakukan menggunakan search engine Google Scholar dengan menggunakan kata kunci “inclusive education”, “sekolah inklusi”, dan “pendidikan inklusi” sebagai ekspresi Boolean. Hasil yang didapatkan dari tinjauan literatur yang telah dilakukan adalah penerapan konsep pendidikan inklusi dapat memberikan keuntungan signifikan kepada sekolah. Keuntungan tersebut meliputi: 1) Meningkatkan kesempatan mengenyam pendidikan; 2) Peningkatan rasa saling hormat; 3) Peningkatan rasa saling dukung; 4) Perwujudan kesejahteraan; 5) Saling peduli satu sama lain; 6) Pencegahan intimidasi dan diskriminasi; dan 7) Lebih fleksibel. Hasil tinjauan literatur tersebut menunjukkan bahwa penerapan konsep pendidikan inklusi pada sekolah memberikan keuntungan yang signifikan terhadap sekolah terutama dalam proses pembelajaran yang terjadi di sekolah. Sehingga penelitian ini merekomendasikan penerapan inklusi yang lebih luas dilakukan pada sekolah-sekolah demi memberikan pendidikan yang menyeluruh dan mengikutsertakan seluruh lapisan masyarakat.