Memahami  Perilaku Rasional: Analisis Hubungan Celebrity Worship terhadap Perilaku Konsumtif pada Remaja Penggemar Boyband BTS
PDF (Indonesian)

Keywords

Celebrity_worship
Perilaku_konsumtif
Remaja_Penggemar_Boyband_BTS

Abstract

Berbagai perubahan yang terjadi selama masa transisi remaja adalah fase pencarian jati diri, yang mencakup mencari tahu siapa saya dan apa yang bisa saya lakukan, termasuk mencari idola dalam proses mengubah perilaku. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggemar boyband BTS Batam, Kepulauan Riau, berhubungan dengan perilaku konsumtif. Penelitian  ini  menggunakan  teknik  pengumpulan  data  skala  Likert,  yang  terdiri  dari  skala pengabdian celebrity dan skala perilaku konsumtif. Metode pengambilan sampel purposive digunakan untuk memilih 150 responden dari kalangan penggemar. Peneliti menggunakan aplikasi Google Forms yang berisi instrumen penelitian yang disebarluaskan melalui sosial media untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian hipotesis menunjukkan indeks korelasi sebesar 0,756 dan nilai signifikan 0,000 (p < 0,05). Ini menunjukkan bahwa pengabdian terhadap artis tertentu dengan perilaku  konsumtif  remaja  penggemar  boyband  BTS  berkorelasi  positif.  Semakin  banyak pengabdian  terhadap  artis  tertentu,  semakin  banyak  perilaku  konsumtif yang  diterima  remaja. Identifikasi pola hubungan ini membantu kita memahami perilaku konsumtif yang disebabkan oleh pemujaan idola.

PDF (Indonesian)