Abstract
Kecemasan berbicara di depan umum adalah masalah yang sering dihadapi oleh mahasiswa, yang dapat berdampak pada performa akademik dan sosial mereka. Studi ini yang bertujuan menjelaskan efektivitas terapi ekspresif tertulis (expressive writing) dalam mengurangi kecemasan berbicara di depan umum pada mahasiswa dengan menggunakan pendekatan kualitatif berdasarkan tinjauan literatur. Metode pengumpulan data pada penelitian ini literatur review dengan memakai pendekatan Preffered Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-Analysis (PRISMA). Hasil analisis diperoleh 5 artikel terpilih yang sesuai dengan kriteria variabel yang sesuai serta subjek dan tahun penelitian terbaru pada 2013 sampai 2023. Analisis literatur digunakan untuk merinci metode dan temuan-temuan dari penelitian yang telah dilakukan sebelumnya tentang penggunaan terapi ekspresif tertulis dalam konteks kecemasan berbicara di depan umum pada mahasiswa. Penelitian ini menunjukkan bahwa terapi ekspresif tertulis telah menunjukkan potensi dalam mengurangi tingkat kecemasan berbicara di depan umum pada mahasiswa. Terapi ini juga dapat membantu mahasiswa untuk lebih memahami akar penyebab kecemasan mereka dan meningkatkan keterampilan dalam mengatasi kecemasan berbicara di depan umum.