Do Emotion Regulation’s Matters?: Efektivitas Psikoedukasi Regulasi Emosi pada Peserta Didik Kelas X SMA
68-76. PDF (Indonesian)

Keywords

Psikoedukasi
Regulasi Emosi
Remaja

Abstract

Masa remaja adalah masa transisi dari anak-anak menuju dewasa. Pada usia ini individu cenderung mengalami perubahan sosioemosi. Individu yang kurang mampu mengelola emosi tentu akan memberikan dampak negatif bagi dirinya dan lingkungan sekitarnya. Kegiatan ini bertujuan untuk melihat efektivitas pelaksanaan psikoedukasi mengenai regulasi emosi yang diberikan kepada peserta didik kelas X. Pelaksanaan psikoedukasi dilakukan melalui pemberian lecturing dengan pemberian presentasi materi, focus group discussion untuk menyelesaikan studi kasus, dan permainan teka-teki silang. Metode penelitian yang digunakan untuk melihat efektivitas kegiatan psikoedukasi yaitu kuasi eksperimental dengan rancangan one-group pretest-posttest design.. Sejumlah 157 peserta didik menjadi partisipan dalam kegiatan ini. Hasil dari kegiatan ini adalah terdapat peningkatan pemahaman mengenai regulasi emosi setelah diberikannya psikoedukasi sehingga penggunaan psikoedukasi secara efektif dapat meningkatkan pemahaman terkait regulasi emosi.

68-76. PDF (Indonesian)