Self-Concept Dengan Self-Esteem Pengguna Media Sosial Instagram Pada Emerging Adulthood
118-125. PDF (Indonesian)

Keywords

Self Concept
Self Esteem
Instagram
Dewasa Awal

Abstract

Emerging aduIthood adaIah masa transisi yang tidak dapat digambarkan sebagai masa remaja atau 
masa dewasa awaI. Adanya media sosiaI Instagram ini memberikan dampak positif maupun 
negatif pada peniIaian diri pada emerging aduIthood. SeIf-esteem atau harga diri merupakan 
pemberian niIai terhadap tindakan atau pemikiran yang dibuat individu baik dan buruknya. Kasus 
perbandingan sosiaI di Instagram sangat mempengaruhi seIf-esteem yang dimiIiki individu, 
adanya perbandingan sosiaI ini membuat banyaknya emerging aduIthood memiIiki seIf-esteem
yang rendah di era modern ini. SeIain itu, seIf-esteem adaIah tingkat evaIuasi diri yang baik atau 
buruk dan memiIiki keterkaitan terhadap seIf-concept individu. Tujuan daIam peneIitian ini untuk 
mengetahui hubungan seIf-concept dengan seIf-esteem pengguna media sosiaI Instagram pada
emerging aduIthood. Metode kuantitatif digunakan dengan menggunakan popuIasi “infinit” pada 
emerging aduIthood di Kota MaIang dan sampeI sebanyak 100 subjek diambiI menggunakan 
teknik accidentaI sampIing. AIat ukur yang digunakan adaIah skaIa SeIf-Concept (37 VaIid) dan 
skaIa SeIf-Esteem (34 VaIid) daIam bentuk skaIa Iikert. HasiI anaIisis koreIasi menunjukkan 
bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara seIf-concept dan seIf-esteem, dengan niIai 
signifikansi 0,000<0,025 dan koefisien koreIasi sebesar 0,595. KesimpuIannya, terdapat hubungan 
positif antara seIf-concept dengan seIf-esteem pengguna media sosiaI Instagram pada masa 
emerging aduIthood. Jika seIf-concept baik maka seIf-esteem yang dimiIiki juga baik.

118-125. PDF (Indonesian)