Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab speech delay pada anak tunadaksa dan mengetahui upaya penanganan yang dilakukan guru dalam menangani anak tunadaksa yang mengalami keterlambatan bicara (speech delay). Subjek penelitian ini adalah seorang peserta didik tunadaksa SLB TK Yayasan Putra Pancasila Kota Malang. Jenis penelitian deskriptif kualitatif, menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa faktor penyebab subjek mengalami speech delay yakni : (1) teman-teman sekelas subjek diantaranya tunarungu, autis, tunagrahita dimana mereka kesulitan diajak berkomunikasi secara verbal, sehingga subjek tidak memiliki motivasi untuk berbicara; (2) subjek kesulitan ketika berbicara dengan orang lain. Sementara itu, beberapa penanganan yang dapat dilakukan guru dalam mengatasi keterlambatan bicara (speech delay) subjek antara lain : (1) melatih subjek berbicara dengan benar dan berulang-ulang; (2) saat subjek mulai berbicara perhatikan bagaimana tata bahasa yang diucapkan; (3) selalu melibatkan subjek untuk berbicara pada setiap keadaan; (4) menggunakan media yang mendukung untuk perkembangan perbendaharaan kata subjek.