Abstrak
Kabupaten Bangkalan terkenal tentang kearifan lokal masyarakat yang religius dan taat beragama (Islam), salah satu kepercayaan yang hingga saat ini masih dilakukan adalah ziarah. Karena itu beberapa makam tokoh masyarakat Bangkalan tidak sepi pengunjung berziarah. Hal tersebut terdapat di Makam Aer Mata Ebhu yang dikategorikan sebagai wisata religi dan wisata sejarah yang tak pernah sepi akan pengunjung. Hal ini menimbulkan gairah bagi peneliti untuk mempunyai tujuan penelitian yakni memahami, mengkaji dan memaknai kepuasan pengunjung pada Makam Aer Mata Ebhu. Metode peneliatian yang digunakan ialah studi literatur. Hasil temuan ini terdapat tolak ukur untuk kepuasan pengunjung, seperti: 1. Bukti langsung. 2. Kehandalan. 3. Daya tanggap. 4. Jaminan. 5. Empati. Dan juga pengukuran kepuasan pelanggan, yakni: 1. Sistem keluhan dan saran. 2. Ghost shopping. 3. Lost customer Analysis. Dengan adanya ini dapat mempermudah pengelola makam untuk mengukur kepuasan pengunjung pada Makam Aer Mata Ebhu, Kabupaten Bangkalan.